Headlines News :
Home » » Candi Airlangga Akhirnya Ditemukan di Hutan Pataan Lamongan

Candi Airlangga Akhirnya Ditemukan di Hutan Pataan Lamongan


Warga Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, digemparkan dengan penemuan sebuah candi di hutan dekat areal persawahan warga. Tapi beberapa warga mengatakan bahwa bangunan tersebut sudah lama ada, dan warga sering melintasi tapi tak berani mendatangi sebab karena tempat tersebut dianggap sakral.

Candi tersebut diperkirakan dibuat pada abad XI atau zaman Kerajaan Airlangga dan digunakan sebagai tempat pemujaan. Bagian tepinya terbuat dari batu kapur yang tersusun rapi. Setiap batu kapur memiliki panjang sekira 30 centimeter dan lebar 20 centimeter dengan ketebalan berkisar 10-15 centimeter. 

Di sisi lain terdapat bebatuan hitam dan keras serta pahatan khas zaman kerajaan kuno. Sedangkan di bagian tengah candi terdapat semacam tempat air yang melingkar. Bagian yang dindingnya juga terbuat dari batu tersusun rapi ini diperkirakan sebagai petirtaan saat pemujaan.  Bagian ini tersambung dengan bangunan aliran air menuju ke luar candi. 
"Candi ini diperkirakan dibangun pada zaman Kerajaan Airlangga pada abad XI masehi karena di Desa Pataan ini telah ditemukan Prasasti Patakan sebagai tanda zaman Airlangga yang kini telah disimpan di musium nasional," papar Supriyo, salah seorang penemu candi. 

Warga juga menyakini di sekitar area candi terdapat permukiman kuno. Pasalnya, warga sering kali menemukan gerabah serta pecahan guci guno di sekitar lokasi penemuan candi.
Warga berharap tim Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala melakukan penggalian sehingga struktur candi dapat terlihat secara utuh.

Apakah ibukota Kerajaan Airlangga terdapat di daerah Pataan Kabupaten Lamongan..??

Dengan diketemukan Candi  dan banyak bangunan serta disertai banyak peningalan gerabah, maka beberapa pakar masih meneliti keberadaan Airlangga di daerah Pataan. 

Dari fakta arkeologis yang ada. Yakni Prasasti Pamwatan tahun 1042 masehi dan Prasasti Terep tahun 1032 masehi yang dulu telah diketemukan dan sekarang disimpan di Museum Nasional, menyebutkan ada bangunan candi yang didirikan sekitar abad 11 masehi.

Menurut Agus Aris Munandar dan Ninie Susanti, keduanya dari Departemen Arkeologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia  Agus cenderung sepakat dengan asumsi bahwa keraton pertama Airlangga, yaitu Wwatan Mas terdapat di wilayah Lamongan. Sementara keratin terakhirnya, Dahanapura disamakan dengan Daha, ibu kota wilayah Panjalu (saat ini Kediri). “Fakta yang ada tipis untuk menunjukkan bahwa Wwatan Mas berlokasi di utara Gunung Penanggungan. Justru dari Prasasti Wotan yang ada di Dusun Wotan/Lamongan, kemungkinan besar Wwatan Mas Airlangga berada di Lamongan. Banyak laporan yang menyebutkan serinngkali ditemukan artefak emas, arca, kertas emas tipis dan perhiasan di sekitar Dusun Wotan, “ ungkap dia.

Sementara Ninie justru menyebutkan konsentrasi temuan prasasti setelah 964 saka (Prasasti Pamwatan) yang isinya menyiratkan keraton baru Airlangga, Dahana Pura, berada di wilayah Kabupaten Lamongan. Yaitu terbanyak ditemukan di wilayah Kecamatan Sambeng dan Ngimbang. Berdasar analisis distribusional prasasti, dia percaya Kerajaan Airlangga mula-mula berada di sekitar Surabaya, kemudian berpindah ke wilayah lebih pedalaman di daerah aliran Sungai Brantas dan Bengawan Solo akibat serangan musuh.

Fakta lain di paparkan Supriyo, Ketua Lembaga Studi dan Advokasi untuk Pembaruan Sosial (LSAPS) terkait dengan kelahiran Lamongan. Setelah kemunduran Majapahit yang juga berimbas pada kemunduran Perdikan Biluluk di Lamongan Selatan, wilayah utara Lamongan justru berkembang dengan lahirnya perdikan-perdikan Islam. Seperti Perdikan Sedayu, Drajat dan Sedang Dhuwur.

Perdikan Drajat pada tahun 1475 atau 1553 M dipimpin oleh Sunan Drajat, keturuna Sunan Ampel. Sementara Perdikan Sendang Dhuwur pada tahun 1483/1561 M dipimpin Sunan Sendang atau Raden Rahmat. Kemudian di periode yang sama, di wilayah tengah, di Tumenggungan yang sekarang masuk wilayah Kota Lamongan berkembang pemerintahan di bawah kendali Rangga Hadi dengan gelar Tumenggung Surajaya tahun 1569-1607 M. Wilayah ini masuk kendali Kasultanan Giri. Pengangkatan Rangga Hadi inilah yang sampai sekarang dijadikan dasar penentuan Hari Jadi Lamongan.
Sebagai rakyat lamongan, harus lebih bijak untuk menghargai kebudayaan dan sejarah dahulu, dengan mengungkap kebenaran dan menjaga kelestarian benda-benda sejarah disekeliling anda.

lamongan-kota
Share this post :

+ komentar + 15 komentar

13 September 2013 18.41

terima kasih atas publikasinya,. kita sebagai pelajar sambeng berbangga atas sejarah tanah kelahiran kita yang tak perna kita duga bahwa dimasa lalu sambeng adalah sebuah pusat dari sebuah kerajaan,.

20 September 2013 02.07

Informasi yang bermanfaat mas, salam kenal semoga sukses amiiin !!!

22 September 2013 11.36

Thanks infonya, saya sangat suka situs-situs sejarah, karena dari sana bisa mengenal mata rantai yang menghubungkan jaman dulu dan jaman sekarang.

27 Oktober 2013 16.30

Salam Persahabatan dari Bhumi Majapahit ...., menurut penuturan Prasasti Terep bertarikh 1032 M, Raja Dharmawangsa Erlangga Ananta Wikramottunggadewa mengungsi ke desa Pataan karena ibukota Kerajaannya (WatanMas) telah berhasil direbut dan diduduki oleh musuh. Adapun musuh tersebut adalah seorang Raja Wanita yang berasal dari daerah Tulungagung. Pada saat pelarian ke Desa Pataan ini, Raja Erlangga ditemani oleh Mapanji Tumanggala. Dengan demikian, Desa Pataan ini tentunya memiliki sejarah yang cukup berarti bagi Raja Erlangga dan kerajaannya.

17 November 2013 05.55

wah, ternyata laongan penuh sejarah yang belum terbongkar

Anonim
21 November 2013 21.48

SEjarah yang harus terus digali untuk menelusuri...zamannya. Guna Pengembangan dan visitasi masa depan....khuususnya dunia pendidikan.

Anonim
7 Juni 2014 05.44

Kami sebagai warga sambong,psr legi punya kebanggaan dan menjunjung tinggi budaya leluhur.

Anonim
7 Juni 2014 05.46

Kami sebagai warga sambong,psr legi punya kebanggaan dan menjunjung tinggi budaya leluhur.

Anonim
19 September 2014 06.22

GALI TERUS POTENSI PENINGGALAN SEJARAH LAMONGAN UNTUK MEMBUKTIKAN LAMONGAN JUGA MERUPAKAN BAGIAN SEJARAH MASA LALU, BRAVO LAMONGAN

20 Februari 2015 02.40

lamongan juga banyak sejarah, mantab infonya gan

24 Mei 2015 23.16

This information is very helpful thank me :D :D

visit back my website ^_^
biro jasa stnk
biro jasa sim
biro jasa bpkb
biro jasa perizinan

11 September 2015 08.03

JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
Kondisi bahan ;.
- Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
- Bahan tua (galian lama).
- Kualitas super kristal- Sudah tembus.
- Bahan keras dan padat.
- Siap gosok poles.
- Daging utuh, tanpa kapur.
- Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
- Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
Daftar harga :
1 0ns ; Rp 500rb
5.ons Rp.1.250.000
1.kg Rp 2.500.000
5 kg Rp 6.000.000
10 Kg Rp 8.000.000
15,kg Rp.10,000,000,
Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
Hp.082347225054
pin :2A846D86

#.stock terbatas
Siapa cepat dia dapat
Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
*Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
-Nama Lengkap
-Alamat lengkap
-No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
-Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
Hp.082347225054
pin :2A846D86

jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Wassalam

4 April 2016 17.53

Herbal Jantung Tanpa Efek Samping

10 Januari 2017 07.03

Oj

25 Mei 2017 19.43

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada MBAH SERO melalui bantuan nomor togelnya saya sudah tenang tidak di kejar-kejar hutang lagi angka yang MBAH berikan 4d sgp tembus 100% syukur alhamdulillah dapat kemenangan 225.juta hutang saya yang di BANK sudah saya lunasi bahkan saya sudah buka usaha ini berkat bantuan MBAH SERO saya tidak akan melupakan budi baik MBAH kapan-kapan saya akan minta bantuan lagi sama MBAH karna saya sudah membuktikannya bagi teman-teman semua butuh angka jitu hasil ritual 2d 3d 4d terutama yang terlilit hutang jika mau hutangnya lunas ini solusi yang tepat hubungi O82-370-357-999 MBAH SERO atau kunjungi situs MBAH silahkan KLIK DISINI kami berkomentar di dalam blog ini cuma menyampaikan kisah nyata siapa tau ada teman-teman butuh bantuan
salam sukses dari saya bandiman

Posting Komentar

Silahkan bertanya Artikel kepada Kami.. Kami Coba untuk membantu..

 
Support : Creating Website | Johny Template | Template
Copyright © 2011. mengenal kota lamongan - All Rights Reserved